Kamis, 30 Desember 2010

TUGAS UAS "SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DAN DAKWAH"

TUGAS SIMDAK MD
1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan data base?
2. Sebutkan beberapa aplikasi untuk pembuatan data base! Jelaskan keunggulan dan kelemahannya!
3. Jelaskan tentang sistem pengambilan keputusan?
4. Apa urgensi sistem informasi manajemen dakwah bagi organisasi dakwah? Jelaskan!
5. Jelaskan tentang perancangan sistem informasi!
6. Bagaimana cara mengelola sebuah sistem informasi? Jelaskan!
7. Apa yang dimaksud sistem informasi manajemen dakwah? Jelaskan!
8. Apa manfaat sistem informasi buat para manajer dan para da’i?
9. Jelaskan!
a. Protokol?
b. Jaringan Optik?
c. Bandwith?
10. Apa yang dimaksud dengan internet dan word wide web? Bagaimana cara keduanya mengubah peran yang dijalankan oleh sistem informasi dalam organisasi?
11. Apa tujuan sistem informasi dalam perspektif dakwah? Peranan apa yang dijalankannya dalam rantai nilai informasi dakwah?
12. Definisikan dan jelaskan piranti lunak open source dan linuk. Apa manfaatnya bagi dunia dakwah?
13. Apa kegunaan dan kebijakan informasi dan administrasi data di dalam manajemen informasi?









JAWABAN

1.Database adalah sebagai suatu kumpulan dari data yang tersimpan dan diatur atau diorganisasikan sehingga data tersebut bisa diambil atau dicari dengan mudah dan efisien. Sebagai contoh sederhana dari database adalah buku telepon yang mungkin sering kita lihat. Sedangkan pengertian database menurut para ahli seperti Menurut fabbri dan Schwab, database adalah system berkas terpadu yang dirancang terutama untuk meminimalkan pengulangan (redundancy) data. Dan menurut Date, database dapat dianggap sebagai tempat sekumpulan berkas dan terkomputerisasi, jadi system database menurut Date pada dasarnya adalah system terkomputerisasi yang tujuan utamanya adalah melakukan pemeliharaan terhadap informasi dan membuat informasi tersebut tersedia saat dibutuhkan.


2.Beberapa aplikasi untuk pembuatan database yaitu DBMS (Database Management System). DBMS ini mulai yang berjalan di komputer personal (PC) sampai ke komputer skala mainframe. Contoh-contoh dari aplikasi database engine misalnya seperti: SQL Server, dibuat oleh Microsoft, MS Access, dibuat oleh Microsoft, dan DB2, dibuat oleh IBM. Keunggulan dari aplikasi data base yaitu mengurangi pengulangan data, mencapai independensi data, mengintegrasikan data dari berbagai file,mengambil data dan informasi secara cepat, dan meningkatkan keamanan. Kelemahannya yaitu terutama bagi orang yang awam terhadap aplikasi data base ini sulit untuk dipelajarinya sehingga tidak selesai selesai mempelajarinya, sulit mendapatkan softwere karena mahal, jika terjadi kerusakan pada satu tabel akan rusak semua karena dalam satu file.


3.Pengertian “Sistem Pengembilan Keputusan” menurut G.R. Terry adalah pemilihan alternatif kelakuan tertentu dari dua atau lebih dari alternatif yang ada. Sedangkan menurut Haroold koontz dan Cyriil O’donnal adalah pemilihan diantara alternatif-alternatif mengenai sesuatu cara untuk bertindak adalah inti dari perencanaan. Suatu rencana dapat dikatakan tidak ada jika tidak adanya sumber yang dapat dipercaya petunjuk atau reputasi yang telah dibuat.


4.Urgensi sistem informasi manajemen dakwah bagi organisasi dakwah yaitu sistem informasi merupakan sarana dan alat untuk menggambarkan secara faktual mengenai kondisi dan situasi internal maupun eksternal organisasi, sistem informasi membantu untuk memaksimalkan setiap fungsi-fungsi atau bidang manajemen organisasi, dan SIM membantu organisasi dakwah untuk melaksanakan kegiatan dakwah yang objektif dan tidak kaku.


5.Perancangan sistem informasi adalah kegiatan menciptakan, mengembangkan, dan menganalisa tindakan-tindakan yang mungkin. Hal ini meliputi aktifitas-akatifitas seperti mengerti tentang permasalahan dan menguji solusi untuk kelayakan. Pada perancangan sistem informasi juga dilakukan pembuatan, pengujian dan validasi model dari situasi permasalahan tersebut.


6.Cara mengelola sebuah sistem informasi yang pertama yaitu perencanaan; Perencanaan adalah memilih dan menghubungkan fakta dan membuat serta menggunakan asumsi-asumsi mengenai masa datang dengan jalan menggambarkan dan merumuskan kegiatan-kegiatan yang diperlukan untuk mencapai hasil yang diinginkan. Kedua, yaitu pengorganisasian adalah proses penentuan, pengelompokan, dan pengaturan bermacam-macam aktivitas yang diperlukan untuk mencapai tujuan. Ketiga, yaitu memimpin adalah memberikan arahan atau petunjuk kepada anggotanya bagaimana cara mengelola sebuah sistem informasi yang baik dan benar. Dan yang keempat adalah mengontrol adalah melihat jalannya sebuah sistem informasi atau mengawasi jalannya sebuah sistem informasi.


7.Sistem Informasi Manajemen Dakwah menurut stoner adalah metode formal yang menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu kepada manajemen untuk mempermudah proses pengambilan keputusan dan membuat organisasi dapat melakukan fungsi perencanaan, operasi yang efektif dan pengendalian, jadi secara umum pengertian sistem informasi manajemen dakwah adalah suatu sistem yang dirancang untuk menyediakan informasi guna mendukung pengambilan keputusan pada kegiatan manajemen dalam suatu organisasi.


8.Manfaat sistem informasi manajemen untuk para manajer yaitu dapat mendukung dalam melaksanakan aktivitas dan fungsi manajemen, SIM membantu para manajer dalam melaksanakan kegiatan organisasinya yang objektif dan tidak kaku, dengan SIM juga seorang manajer dapat menggambarkan secara faktual mengenai kondisi dan situsi internal maupun eksternal sebuah organisasi. Sedangkan untuk para da’i yaitu dengan adanya SIM seorang dai’i dapat melihat sejauh mana para masyarakat dapat menerima dakwahnya secara baik, para dai’i dalam melaksanakan dakwahnya tidak terbatas waktu artinya seorang da’i dapat melakukan pengisian materi dimana saja bisa lewat e-mail, telepon, web dan teknologi informasi lainnya.


9.a. Pengertian protokol; Protokol yaitu berasal dari bahasa Yunani “pro tos” yang artinya lembar pertama dan “kola” yang artinya melekatkan. Jadi pada mulanya protokol berarti lembar pertama yang dilekatkan pada sesuatu dokumen berisi persetujuan yang bersifat nasional maupun internasional. Kemudian arti protokol berkembang sehingga arti dan pengertian protokol adalah catatan resmi yang dibuat pada akhir setiap sidang dan ditanda tangani oleh segenap peserta sidang, atau dapat disebut “perjanjian internasional”. sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer. Protokol dapat diterapkan pada perangkat keras, perangkat lunak atau kombinasi dari keduanya. Protokol adalah suatu aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer. Protokol dapat diterapkan pada perangkat keras, perangkat lunak atau kombinasi dari keduanya.

b. Jaringan Optik adalah yaitu sebuah kaca murni yang panjang dan tipis yang digunakan untuk mengantarkan data digital yang berupa sinar dalam jarak yang sangat jauh.

c. Bandwith adalah (disebut juga Data Transfer atau Site Traffic) adalah data yang keluar+masuk/upload+download ke account anda. Bandwidth itu adalah lebar jalur data/kecepatan pada trafik pen-transferan berbagai macam data. Semakin besar kemampuan Bandwidth untuk mentrafnsfer data, maka semakin cepat pula data-data itu sampai ke tempat tujuannya. Bandwidth (disebut juga Data Transfer atau Trafik) adalah data yang keluar+masuk/upload+download ke account anda. Misalnya anda menerima/mengirim email, asumsikan besarnya email yang diterima/dikirim adalah 4 KB, berarti secara teori, untuk bandwidth 1.000 MB (1.000.000 KB) anda bisa *kirim* 250.000 email atau berbagai variasi antara kirim/terima, 100.000 kirim, 150.000 terima. Traffic atau biasa di sebut Bandwidth dapat diartikan dengan ukuran dari transfer data yang telah dilakukan oleh website Anda. Bandwidth dipengaruhi dan ditentukan oleh jumlah pengunjung, banyaknya halaman yang dikunjungi dan juga besarnya file yang diakses.


10.Pengertian Internet; Internet berasal dari kata Interconnection Networking yang mempunyai arti hubungan komputer dengan berbagai tipe yang membentuk sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia (jaringan komputer global) dengan melalui jalur telekomunikasi seperti telepon, radio link, satelit dan lainnya. Intarnet adalah jaringan komputer-komputer yang saling tersambung digunakan suatu
sistem organisasi. Misalnya: jaringan komputer-komputer PT. Telkom seluruh Indonesia. Jadi dibilang “internet” khusus. Intranet berfungsi mengkomunikasikan komputer satudengan yang lain, persis seperti internet tatapi layanannya terbatas,tidak seluas dan seberagam di internet.

World Wide Web adalah nama yang diberikan untuk semua bagian Internet yang dapat diakses dengan software web browser. Sampai saat ini ada beberapa software web browser yang sering digunakan antara lain Microsoft Internet Explorer, Netscape Navigator, Mozilla dan Opera.

WWW ( World Wide Web ) adalah suatu ruang informasi yang yang dipakai oleh pengenal global yang disebut Uniform Resource Identifier (URI) untuk mengidentifikasi sumber-sumber daya yang berguna. WWW sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian daripadanya.


11.Tujuan Sistem Informasi Manajemen Dakwah
  1. Mengamati perkembangan dakwah, dilingkungan masyarakat seberapa jauh peran serta sistem informasi manajemen dakwah memberikan konstribusi informasinya dalam memberikan gagasan maupun pemberitaan yang disampaikan.
  2. Membuat peta dakwah, peran serta sistem informasi manajemen dakwah dalam menyampaikan pesan-pesannya sudah tersalurkan kebeberapa segmentasi masyarakat yang ada, baik keragaman yang ada dari segi budaya, sosial, politik, dan sebagainya.
Sementara peranan yang dijalankannya yaitu dengan adanya system informasi maka dakwah tersebut menjadi tak terbatas waktu, pengisian materi bisa dimana saja serta sasaran mad’u siapa saja (lebih luas).


12. Piranti Lunak Open Source adalah sistem pengembangan yang tidak dikoordinasi oleh suatu individu / lembaga pusat, tetapi oleh para pelaku yang bekerja sama dengan memanfaatkan kode sumber (source-code) yang tersebar dan tersedia bebas (biasanya menggunakan fasilitas komunikasi internet). Pola pengembangan ini mengambil model ala bazaar, sehingga pola Open Source ini memiliki ciri bagi komunitasnya yaitu adanya dorongan yang bersumber dari budaya memberi, yang artinya ketika suatu komunitas menggunakan sebuah program Open Source dan telah menerima sebuah manfaat kemudian akan termotivasi untuk menimbulkan sebuah pertanyaan apa yang bisa pengguna berikan balik kepada orang banyak.
Linuk merupakan sebuah Unix-jenis sistem operasi awalnya dibuat oleh Linus Torvalds dengan bantuan dari pengembang di seluruh dunia. Dikembangkan di bawah GNU General Public License, kode sumber untuk Linux tersedia secara bebas untuk semua orang.Ada banyak Varian dari Linux yang di kembangkan di seluruh dunia sebagai Sistem operasi yang Free dan Open source yang sering di kenal dengan Istilah FOSS (Free/Open Source Software). Foss adalah Konsep berbagi , merdekan dan terbuka.

Manfaatnya bagi dunia dakwah yaitu
  • Kita tidak perlu membeli Linux OS dan mengeluarkan Uang yang mahal untuk membeli CD Windows yang Original.
  • Kita tidak Perlu takut Untuk di Sweeping atau di Razia Software karena Linux Free.
  • Dengan menggunakan linux dan open source berarti kita telah membantu mengurangi Pembajakan Software dan tidak perlu membeli Licensi Key/ Keygen.
  • Dengan linux dan open sorce kegiatan dakwah akan semakin diminati oleh para mad’u karena bisa menggunakan teknologi canggih yang tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak. Dengan linux dan open sorce dapat mempermudah seorang da’i dalam melakukan kegiatan seperti untuk saling membantu memecahkan masalah apapun pengalaman serta berbagi tips dan ide untuk kreativitas.


13. Kegunaan dari kebijakan informasi dan administrasi data di dalam manajemen informasi yaitu
Meningkatkan aksesibilitas data yang tersaji secara tepat waktu dan akurat bagi para pemakai, tanpa adanya sistem informasi
  • Menjamin tersedianya kualitas dan keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi secara kritis.
  • Mengembangkan perencanaan yang efektif.
  • Menetapkan investasi yang akan diarahkan pada sistem informasi.
  • Dapat mengantisipasi dan memahami konsekuensi-konsekuensi ekonomis dari sistem informasi dan teknologi baru.


REFERENSI:

Siagan, Sondang P. 2005. Sistem Informasi Manajemen. Jakarta:Bumi Aksara.
Amasyah, Zulkifli. 2003. Manajemen System Informasi. Jakarta: PT. Gramedia.
http://id.wikipedia.org/wiki/Sumber_terbuka
http://id.wikipedia.org/wiki/Perangkat_lunak
http://tesisdisertasi.blogspot.com/2010/04/pengertian-protokol.html#ixzz19JmhIySS
http://ammarholmes.blogspot.com/2010/07/macam-macam-definisi-jaringan-komputer.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar