Selasa, 28 Desember 2010

tugas MON


YAYASAN
RAUDLATUL ATHFAL (RA)  THARIQUL HUDA


A
LATAR BELAKANG

Membangun Sumberdaya manusia Indonesia yang mampu menguasai ilmu dan teknologi dengan keimanan dan ketaqwaan tinggi merupakan salah satu amanat yang tertuang dalam Garis Besar Haluan Negara dan sekaligus merupakan kewajiban bagi segenap warga negara Indonesia untuk mewujudkannya. Amanat ini bertitik tolak dari falsafah dasar bahwa hanya melalui sumberdaya manusia yang berkualitas maka pembangunan nasional yang adil dapat terwujud.
Pendidikan Nasional yang berakar pada kebudayaan bangsa Indonesia, berdasar Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 diarahkan untuk meningkatkan kecerdasan kehidupan bangsa dan kualitas sumber daya manusia, mengembangkan manusia serta masyarakat Indonesia yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan, keahlian dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, serta kepribadian yang mantap dan mandiri.
Membangun sumberdaya manusia yang seimbang dalam penguasaan ilmu dan teknologi dengan agama dapat diwujudkan melalui jalur pendidikan formal dan informal secara proposional. Melalui kedua jalur pendidikan ini, lahirnya intelektual muslim sebagai generasi penerus bangsa yang cerdas, beramal ilmiyah dan berilmu amaliyah yang selalu berpegang teguh kepada dienul Islam dapat diwujudkan secara bertahap dan pasti.
Agar generasi penerus tidak terjerumus kedalam pragmatis materialistis, maka pendidikan Islam harus dilaksanakan kepada anak-anak secara dini, tersetruktur dan  berkualitas, sebagaimana diungkapkan dalam sebuah keterangan yang berbunyi “Didiklah anakmu, sebab mereka dilahirkan untuk hidup dalam zaman yang berbeda dengan zamanmu”.




Untuk menjawab kebutuhan pendidikan Islam yang berkualitas dan sekaligus melaksanakan amanat rakyat Indonesia sebagaimana tertuang dalam Undang-undang dasar 1945, dalam GBHN 1998 Bidang Pendidikan, Undang-Undang o. 2 tahun 1989 tentang sistem Pendidikan Nasional, serta didorong oleh pemikiran yang dilandasi niat ibadah (QS. Al-Zariat :56) maka didirikanlah TK/TPA/TQA Masjid Thariqul Huda  dengan tujuan merintis perencanaan pembangunan lembaga pendidikan Raudlatul Athfal (RA) dengan menggunakan tanah samping Masjid Thariqul Huda.




















B
                                                     MAKSUD DAN TUJUAN

Kehadiran lembaga pendidikan Raudlatul Athfal (RA) Masjid Thariqul Huda diharapkan dapat menjadi tempat penyelenggaraan pendidikan agama Islam yang berkualitas, mampu menghasilkan anak didik calon intelektual muslim yang mampu mengusai ilmu dan teknologi, shaleh, berbudi luhur dan beraklak mulia. Selain itu keberadaan pendidikan ini merupakan wujud nyata peran serta masyarakat dalam upaya membantu tercapainya tujuan pendidikan nasional.


VISI DAN MISI
VISI
Menjadi lembaga Pendidikan Pra-sekolah dan agama yang terbaik bagi bangsa dan agama
MISI
1.      Membina pribadi siswa melalui kegiatan Islami secara terstruktur
2.      Mendidik intelektualitas siswa melalui proses belajar mengajar yang berkualitas
3.      Melatih siswa untuk berfikir kritis, kreatif, tekun dan bekerja keras dalam lingkungan belajar yang menyenangkan kreatif dan kondusif.














C
PROGRAM KERJA

Program kerja yang ada di yayasan thariqul huda yaitu difokuskan kepada program pembelajaran. Karena telah kita ketahui bahwa yayasan thariqul huda merupakan lembaga pendidikan yang bernuansa islami tetapi juga dipadukan dengan pendidikan umum. Oleh karena itu program  yang direncanakan termasuk materi pembelajaran adalah sebagai berikut :

A.Program materi pelajaran untuk RA kelas A

1.      Kemampuan Dasar Umum
v  Membaca dan menulis abjad/latin
v  Menghitung angka dan abjad
v  Pengenalan english language
v  Pengenalan bentuk dan warna dalam dua bahasa (Indonesia dan Inggris)
v  Mewarnai, menggambarkan dan kolase
v  Pengenalan media komunikasi
v  Aritmetika
v  Olahraga dan menari
v  Pengetahuan lingkungan
v  Kreatifitas

2.      Kemampuan Dasar Agama
v  Membaca dan menulis Iqro
v    Praktek ibadah ( hafalan surat pendek, doa harian, kalimat thayyibah, dan sholat )
v  Pengenalan Arabic Language
v  Mengenal akhlak yang baik sesama insan
v  Pengenalan PHBI
B.     Program materi pelajaran untuk RA kelas B
1.      Kemampuan Dasar Umum
v  Membaca dan menulis abjad/latin/koran/majalah
v  Sempoa Aritmetika
v  Pengenalan bentuk dan warna dalam tiga bahasa (Indonesia-Inggris-Arab)
v  Pengenalan English Convertation
v  Pengenalan dasar matematika dan bahasa Indonesia untuk kelas satu SD
v  Pengenalan media komunikasi
v  Olahraga (senam) dan menari
v  Mewarnai, menggambar, melukis, kolase, dan menganyam
v  Pengetahuan lingkungan
2.      Kemampuan Dasar Agama
v    Membaca dan menulis Iqro/Al-Quran
v    Praktek Ibadah (hafalan surat pendek, pilihan, doa harian, kalimat thayyibah dan solat)
v    Pengenalan Arabic Language
v    Mengenal akhlak yang baik sesama insan
v    Sejarah Nabi SAW
v    Pengenalan PHBI


PROGRAM  RAUDHOTUL ATHFAL THARIQUL HUDA



Program jangka Pendek
1.            Meningkatkan mutu pendidikan siswa dengan menanamkan disiplin dan tata tertib sekolah.
2.            Pembenahan / penyempurnaan administrasi RA
3.            Mengikuti berbagai kegiatan yang diselenggarakan  oleh  Departemen Agama, dan IGTKI.
4.            Meningkatkan status RA THARIQUL HUDA

Program Jangka Panjang
  1. Mengusahakan tanah dan bangunan yang lebih luas.
  2. Menambahkan alat-alat bermain.
  3. Meningkatkan kesejahteraan guru-gurunya.
  4. memberi kesempatan kepada guru untuk mengikuti kursus-kursus dan juga penataran.
  5.  
D
PENGELOLAAN TENAGA SUKARELAWAN STAF PENGAJAR/GURU

Dalam upaya menciptakan proses belajar mengajar yang berkualitas, dalam hal ini yayasan thariqul huda mengambil staf pengajar yang profesional dibidangnya. Selain itu penting juga memperhatikan rasio atau perbandingan antara guru dan siswa di kelas selama proses pembelajaran berlangsung dan mempertahankan kondisi ideal. Staf pengajar yang ada diyayasan thariqul huda Raudhatul athfal yaitu diambil dari para mahasiswa yang secara suka rela ingin mengajar di yayasan thariqul huda ini. Apabila ada lulusan SI yang ingin mengajar di yayasan ini biasanya ditempatkan sebagai wali kelas ataupun bisa dijadikan kepala sekolah.

Selain itu juga tenaga sukarelawan yang ada diyayasan thariqul huda ini nantinya akan dibagi-bagi tanggung jawabnya seperti kepala sekolah yang bertugas sebagai penanggung jawab atas segala macam bentuk kegiatan yang ada diyayasan thariqul huda, kemudian wali kelas mempunyai tanggung jawab sebagai kurikulm bidang dan mengawasi bagaimana perkembangan para santri dalam bidang pengetahuannya yang ada di yayasan thariqul huda. Ada juga petugas tata usaha yang bertanggung jawab atas administrasi/ keuangan dari thariqul huda. Meskipun thariqul huda adalah sebuah yayasan yang didirikan berdasarkan bantuan dari depag tetapi keamanan itu harus ada, dan di yayasan thariqul huda ini juga ada seorang petugas keamanan seperti seorang satpam, hal ini dilakukan supaya terciptanya suatu keamanan dilingkungan yayasan thariqul huda ini.

Saat ini tenaga pengajar diyayasan thariqul huda berjumlah 6 orang. Meskipun tenaga pengajar hanya berjumlah 6 orang tetapi kegiatan pembelajaran tetap berjalan dengan baik. Dan untuk saat ini tenaga sukarelawan atau tenaga pengajar di thariqul huda itu berasal dari kalangan mahasiswa. Dibawah ini adalah susunan pengurus dari yayasan thariqul huda.










Susunan Pengurus TK/TPA/MDA
THARIQUL HUDA


1.         DKM Thariqul Huda : Pemilik Lembaga Pendidikan TK/TPA
Dinas Pendidikan        : Pembina
2.         Kepala Sekolah           : Penanggung jawab
3.         Tata Usaha                  : Pembantu bidang administrasi / keuangan
4.         Wali Kelas                   : Kurikulum bidang
5.         Santri                           : Anak Didik

KETERANGAN:
1.      DKM Thariqul Huda yaitu Drs. Kusnadi Hadiantro
2.      Kepala sekolah yaitu yuyun Ali Nurdin, S.Pd.I
3.      Wali kelas tingkat TK yaitu Adeng
Wali kelas tingkat TPA yaitu M.Nuzul Nurul Huda




E
PENDANAAN

Dalam menjalankan segala aktivasnya Yayasan thariqul Huda didirikan dari hasil pendanaan yaitu dari sumbangan dari donatur dari masyarakat setempat, kemudian sumbangan juga berasal dari depag. Pendanaan ini dipergunakan terutama untuk berbagai macam aktifitas kegiatan proses pembelajaran seperti apabila ada acara perlombaan, peringatan hari besar agama islam maka dana yang dikeluarkan yaitu dari hasil sumbangan donatur dan dari depag.
            Kemudian untuk pendanaan tenaga pengajar yaitu berasal dari spp bulanan para santri yang ada diyayasan thariqul huda tersebut. Spp tersebut dibayar perbulan sebesar RP 25.000. hal ini dilakukan agar yayasan dapat berkembang dengan baik. Pendanaan juga berasal dari infak para murid yang ada diyayasan thariqul huda, biasanya para murid membayar secara sukarela. Alasan utama mengapa yayasan thariqul huda ini mewajibkan para muridnya untuk membayar spp karena dana yang terkumpul dari spp tersebut juga nantinya akan dipergunakan bagi para murid yang ada di yayasan thariqul huda itu sendiri, seperti misalnya untuk membeli spidol, buku absen dan lain-lain, itu juga menggunakan dana dari hasil pembayaran spp. Meskipun sebagian dana tersebut digunakan untuk biaya tenaga pengajar karena bagaimanapun tenaga pengajar harus mendapatkan apa yang sesuai dengan yang telah dilakukan oleh tenaga pengajar tersebut.
















F
MANAJEMEN KEUANGAN
Yayasan Raudhatul Athfal Thariqul Huda adalah yayasan yang berdiri dengan berlandaskan pada nuansa islami oleh karena itu semua tenaga pengajar terutama tenaga kerja bagian tata usaha atau  bagian administrasi yang bertanggung jawab atas keuangan maka yayasan thariqul huda mencoba menerapkan manajemen keuangan yang baik.
            Masalah keuangan pun harus termenej secara baik dan benar agar dana yang telah terkumpul tersebut jelas dipakai apa saja dana yang berasal dari sumbangan para donatur dan sumbangan dari depag tersebut. Oleh karena itu maka menjadi tugas utama bagi tenaga sukarelawan terutama bagian administrasi harus melakukan laporan keuangan setiap bulannya. Berikut adalah laporan keuangan MDA/DTA THARIQUL HUDA.
           
LAPORAN KEUANGAN MDA/DTA THARIQUL HUDA
BULAN DESEMBER 2010


NO
TANGGAL
KETERANGAN
DEBET
KREDIT
SALDO
1
16-Dec-10
SPP
 Rp    575.000

 Rp         575.000
2
16-Dec-10
Infaq
 Rp         5.000

 Rp         580.000
3
22-Dec-10
SPP
 Rp    450.000

 Rp     1.030.000
4
22-Dec-10
Infaq
 Rp      21.000

 Rp     1.051.000












KESIMPULAN

Bentuk atau model lembaga pendidikan adalah Raudlatul Athfal (RA), yakni lembaga pendidikan yang diperuntukan bagi anak-anak usia TK dan berada di bawah naungan Departemen Agama. Dalam proses pendidikkannya tidak hanya berisikan materi pendidikan bernuansa Islami saja akan tetapi dipadukan dengan pendidikan umum (terpadu) dalam suasana menyenangkan. Dan nama lembaga pendidikan yang terdapat di yayasan thariqul adalah Raudhatul athfal.
Tenaga pengajarnya berasal dari kalangan mahasiswa yang dengan secara suka rela mengabdikan diri demi kesejahteraan yayasan raudhatul atfal ini. Program kerja yang dilakukan oleh yayasan thariqul huda yaitu lebih difokuskan kepada program pembelajaran keislaman seperti baca tulis al qur’an dan lain sebagainya. Karena misi utama dari yayasan thariqul huda ini adalah Membina pribadi siswa melalui kegiatan Islami secara terstruktur
Yayasan thariqul huda berdiri dari hasil pengumpulan dana dari para donatur masyarakat, serta bantuan dari DEPAG. Meskipun dana yang diperoleh berasal dari sumbangan DEPAG tetapi yayasan radhatul athfal thariqul huda ini mampu menjalankan visi misi dari yayasan thariqul huda ini yaitu VISI Menjadi lembaga Pendidikan Pra-sekolah dan agama yang terbaik bagi bangsa dan agama dan  MISI Membina pribadi siswa melalui kegiatan Islami secara terstruktur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar